Anak Pertama Kali Menstruasi, Apa yang Harus Dilakukan Orang Tua

 
Anak Pertama kali Menstruasi,

Memiliki anak perempuan merupakan anugerah terbesar orang tua. Mungkin ini hanya anggapan saya saja atau kalian juga merasakannya? Jadi misalnya kita punya anak perempuan, maka ketika sudah sepuh nantinya anak perempuan kita kelak bisa menjaga orang tuanya. Berbeda dengan anak lelaki yang biasanya keluar rumah karena ingin mencari pekerjaan di luar kota misalnya.

Kalau dari beberapa pengamatan saya serta sumber referensi yang dibaca maka beberapa kelebihan memiliki anak perempuan antara lain:
  1. Lebih dapat diandalkan dalam membantu orang tua melakukan pekerjaan rumah.
  2. Bisa menemani orang tua tetap tinggal di rumah
  3. Bisa mengurus dan merawat orang tua ketika berusia lanjut kelak.
Tentu saja walau memiliki anak perempuan banyak keuntungannya namun punya anak lelaki pun tak kalah membanggakan. Apapun jenis kelamin anak kita kelak, maka sejatinya harus bersyukur dengan pemberian Tuhan. 

Yang musti diingat adalah anak bukan dana pensiun ketika kita tua kelak. Sedapat mungkin kita sebagai orang tua harus mandiri walau telah memiliki anak. Bergantung kepada anak boleh saja namun jangan berlebihan karena nantinya anak akan memiliki kehidupan sendiri dengan pasangan masing-masing.

Berbicara mengenai anak perempuan, saya jadi ingat ketika pertama menstruasi dimana saya sangat takut menghadapinya. Saya menangis keras, karena ada bercak darah di pakaian dalam. Namun Ibu saya justru nampak tenang ketika tahu putri bungsunya menstruasi untuk pertama kali. Di sini saya salut dengan sikap Ibu yang tetap tenang menghadapi putrinya pertama kali menstruasi.

Mungkin sedikit tips sederhana bagi kalian para Ibu, yang menghadapi anak perempuannya datang bulan untuk pertama kali. Berikut sebaiknya yang dilakukan oleh para Ibu:

1. Tetap Tenang dan Support Anak Perempuan

Ibu pasti dulunya pernah mengalami menstruasi untuk pertama kalinya. Jika Ibu bingung menghadapi anak perempuannya datang bulan pertama kali, lalu bagaimana anak gadisnya akan bertanya apa itu menstruasi? Karena dalam hal ini Ibu adalah orang terdekat yang bisa diajak diskusi mengenai haid pertama kali.

2. Mulai Berikan Nasihat Seputar Pergaulan

Perempuan yang sudah menstruasi artinya dia sudah dewasa dan alat reproduksinya bekerja dengan baik. Apa artinya? Perempuan yang menstruasi artinya mampu untuk hamil bahkan melahirkan. Di sinilah pentingnya edukasi mengenai pergaulan yang harus dijaga oleh perempuan.

Menjaga dirinya dari pergaulan bebas dengan lawan jenis, maka perempuan akan terhindar dari hal-hal buruk pada dirinya. Hal ini dikarenakan perempuan sudah mengalami menstruasi sehingga harus lebih menjaga martabatnya.

3. Awasi dan Kontrol Kegiatan Anak Perempuan

Seorang Ibu seharusnya pasti akan lebih mengawasi putrinya yang sudah beranjak dewasa. Sedapat mungkin ibu selalu mengawasi pergaulan anak perempuannya. Tentu saja cara mengawasi jangan terlalu kentara ya Mom's, bisa-bisa anak jadi marah ketika tahu terlalu dikontrol atau dikekang oleh kedua orangtuanya.

Bijaklah dalam mengawasi anak perempuan yang beranjak dewasa, apalagi sudah mendapat haid pertama mereka. Bukan bermaksud menjadi orang tua yang otoriter, namun sebisa mungkin kita sebagai orang tua harus selalu tahu apa yang anak perempuan lakukan di luar sana, siapa saja teman-teman mereka dan lain sebagainya. 

Saat ini perkembangan media sosial sangat masif, sehingga anak perempuan kita mungkin akan sedikit banyak terpengaruh oleh media sosial.

Penutup

Berbahagialah orang tua apabila anak perempuan sudah mendapat haid mereka. Hal ini menunjukkan jika anak perempuan Anda normal dan Insha Allah diberi kemampuan untuk hamil dan melahirkan. Oleh karena itu anak perempuan harus dijaga kehormatannya terlebih apabila dia memiliki teman laki-laki. Sebagai orang Tua, Anda tentu ingin mengantarkan anak perempuan ke jenjang pernikahan. 


Posting Komentar untuk "Anak Pertama Kali Menstruasi, Apa yang Harus Dilakukan Orang Tua"