Serial 911 yang Menginspirasi, Belajar Tentang Kekompakan Kerja

 
Belajar Tentang Kekompakan Kerja


Kalau ditanya film atau serial drama apa yang menginspirasi sebenarnya banyak yang ingin saya tuliskan. Bisa jadi setiap film atau drama yang saya tonton, selalu saya ambil nilai positifnya.

Namun kali ini saya ingin bercerita mengenai serial drama Amerika yang ditayangkan di salah satu tv streaming. Nama serialnya adalah 9-1-1 yang memang sarat akan pembelajaran.

Awalnya saya hanya tertarik mengenai tema 911 dimana merupakan sekelompok orang yang bekerja di lembaga pemerintahan. Mereka bertugas untuk menyelamatkan nyawa manusia dari berbagai ancaman. Ancaman itu seperti kebakaran, kecelakaan hingga hal remeh sekalipun yang mampu merenggut nyawa seseorang. Mengapa saya sebut hal remeh, karena kadang ada kejadian yang mungkin dianggap remeh namun bisa membahayakan si pemilik rumah.

Serial 911 ini terdiri beberapa season dan setiap season terdiri beberapa episode. Bercerita tentang Bobbie Nash, pemimpin di salah satu regu 911. Ternyata menjadi pemimpin itu tidak mudah bagi seorang Bobbie.

Bobbie harus berhadapan dengan Chimney, anak buah yang berketurunan Korea dimana terobsesi dengan kekasih yang tak pernah menganggapnya ada. Lalu Bobbie juga harus bersikap bijak pada Buck, anggota termuda di timnya. Buck yang sedikit mesum pada tiap wanita yang ditemui juga bertemperamen emosional ketika menghadapi korban yang harus diselamatkan. 

Lalu ada anggota berjenis kelamin perempuan satu-satunya yang bernama Hen. Hen yang seorang lesbian juga memiliki hubungan yang rumit dengan kekasih wanita serta mantan pacar.

Prinsip saya ketika menonton sebuah film atau drama adalah mengambil sisi positif dan membuang sisi negatif. Begitu juga dari serial drama 9-1-1 yang banyak mengajarkan tentang arti kehidupan.

Inspirasi di Balik Serial Drama 9-1-1

Awalnya saya mengira serial drama ini akan sangat membosankan. Ternyata dugaan saya salah. Walau tidak mempertontonkan adegan action, namun justru sisi heroisme dalam sebuah kisah banyak ditonjolkan.

Lalu nilai positif apa saja yang dapat saya petik dari menonton drama 9-1-1 ini? Berikut penjelasannya:
  • Mengajarkan kekompakan dalam tim
Serial drama ini cocok sekali bagi saya yang sering mengalami gesekan di pekerjaan. Saya sadar bahwa dalam bekerja, ketidak cocokan dengan rekan kerja adalah hal yang manusiawi.

Di serial drama 9-1-1 mungkin di setiap epidose ada juga konflik dengan rekan kerja. Bahkan Bobbie sudah memecat Buck dari timnya dikarenakan sikapnya tidak profesional di saat sedang dalam jam kerja. 
  • Setiap orang punya masalah dan masa lalu
Di serial 9-1-1 juga ada anggota polisi yang bernama Athena dimana dia selalu kordinasi dengan anggota 9-1-1 apabila ada tindak kejahatan.

Athena sendiri memiliki suami yang menjadi homoseksual. Dalam serial drama 9-1-1 ini mengajarkan bahwa Athena akhirnya bisa memahami penyimpangan yang dilakukan oleh suami dan memilih berpisah.

Walau telah berpisah, Athena dan suami tetap kompak dalam mengasuh anak dan mereka bisa menjadi support system meski tidak bersama lagi.
  • Menghargai keputusan orang lain
Ketika Hen memutuskan untuk mengambil kuliah kedokteran, maka semua temannya mendukung langkah Hen. Walau suatu ketika mereka menyadari bahwa harus melepas Hen apabila sudah resmi menjadi dokter kelak.

Bahwa cita-cita seseorang tak dapat dikubur apabila dia sudah memiliki tekad yang bulat. 

Penutup

Demikian sedikit cerita mengenai drama seria favorit yang masih saya tonton sampai sekarang. Regu 9-1-1 ini sangat dibutuhkan di masyarakat apabila kita berada dalam bahaya.

Bekerja di sebuah tim pasti ada suka duka di dalamnya. Ambillah hikmah dari setiap suka duka itu.

Posting Komentar untuk "Serial 911 yang Menginspirasi, Belajar Tentang Kekompakan Kerja"