Rekomendasi Taman di Surabaya Ramah Anak

Daftar Isi
 

Taman merupakan salah satu sarana rekreasi paling sederhana yang bisa kita temukan di beberapa kota yang ada di Indonesia. Pergi ke taman di dalam kota bersama keluarga, merupakan kebahagiaan tersendiri di hari libur agar anak-anak menjadi terhibur. Hal ini dikarenakan anak bisa bermain di taman bersama teman sebaya atau menciptakan permainan mereka sendiri.

Di Surabaya sendiri sebenarnya banyak sekali taman yang saya perhatikan cukup asri, bersih dan yang terpenting ramah anak. Namun sayang sekali ada beberapa taman yang kurang ramah bagi kita karena sulit untuk menyeberang ke arah taman. Hal ini dikarenaan taman tersebut terletak di tengah jalan dan apabila ingin sampai ke sana, kita harus menyeberang, Tapi tak apalah bagi saya, masih bisa dimaklumi. Usahakan kalau pergi ke taman bersama keluarga saja jadi lebih aman karena beramai-ramai.

Di Surabaya sendiri memang untuk tempat rekreasi masih sangat kurang ya, tidak seperti di Malang atau Batu, sehingga kita harus pintar-pintar mencari hiburan sendiri khususnya yang bersifat edukatif.

Beberapa taman di Surabaya saya rasa sangat cocok apabila dikunjungi oleh warga sekitar demi bisa mendapat udara segar di akhir pekan.

1. Taman Prestasi 

Pada tahun 2016 baru pertama kalinya saya tahu jika ada taman Prestasi di Surabaya dan kita bisa naik perahu untuk sekadar mengelilingi sungai Kalimas sebanyak dua kali. Taman Prestasi cocok dikunjungi oleh kalian yang ingin berolahraga pagi atau sekadar berkumpul dengan teman-teman komunitas misalnya.

Di Taman Prestasi juga ada Pujasera atau Pusat Jajanan Serba Ada yang berisi segala makanan dan minuman yang bisa kita beli apabila perut lapar. Taman yang berada di Jalan Ketabang Kali Surabaya ini cukup ramai dikunjungi warga di saat weekend. Sayang sekali ketika pandemi, taman ini menjadi sepi pengunjung karena diberlakukannya social distancing.

2. Taman Flora Bratang

Biasanya warga Surabaya lebih familiar dengan sebutan Kebun Bibit dan letaknya juga sangat strategis nih, Taman Flora Bratang dekat dengan perkantoran, sekolah dan segala jenis tempat makan.

Kebetulan di belakang Taman Flora Bratang disediakan wadah bagi para pedagang kaki lima yang menjual berbagai makanan dan minuman. Mirip dengan kebun binatang, di Taman Flora Bratang ini juga ada beberapa binatang. Sebut saja rusa, burung unta, kasuari, dan juga kolam ikan.

Menurut pendapat saya pribadi, Taman Flora Bratang bisa menjadi sarana edukasi untuk anak dalam memperkenalkan fauna yang ada di Indonesia dan juga beberapa tumbuhan sebagai penyumbang oksigen di muka bumi ini.

3. Hutan Bambu di Keputih

Jangan beranggapan kita berada di hutan ketika menginjakkan kaki di Hutan Bambu Keputih. Justru pemandangan yang kalian lihat dan rasakan seolah-olah sedang berada di salah satu tempat yang ada di Korea. Asyik bukan!

Tahukah kalian kalau Hutan Bambu ini dibangun di area bekas Tempat Pembuangan Akhir sampah yang sudah direlokasi. Yap, benar jika dulunya Keputih merupakan lokasi TPA alias Tempat Pembuangan Akhir sampah di Surabaya.

Namanya juga Hutan Bambu, pasti banyak bambu donk. Kalian akan melihat jejeran bambu yang tersusun sempurna di kiri dan kanan jalan. Banyak calon pengantin yang melakukan foto pre wedding menggunakan latar Hutan Bambu ini.

Tentunya sebagai orang tua yang ingin menyenangkan hari libur anak, kalian bisa mengajak seluruh keluarga piknik bareng di Hutan Bambu. Tak jauh dari Hutan Bambu terdapat Taman Harmoni yang cocok dikunjungi oleh lansia.

Demikian 3 rekomendasi taman yang ada di Surabaya dan bisa dikatakan ramah anak. Semoga bermanfaat.

1 komentar

Comment Author Avatar
1 Desember 2022 pukul 08.59 Hapus
Mengajak anak memang tidak harus ke mall, yang seringnya memang banyak menguras uang. Ke taman macam di atas juga oke, apalagi mengajarkan anak untuk semakin mencintai alam ini.