Syarat Dan Ketentuan Klaim Asuransi Allianz Untuk Cacat Tetap

Klaim Asuransi Allianz
Credit Photo: Freepik

Meskipun sadar akan pentingnya perlindungan dengan menggunakan asuransi jiwa, namun sayangnya masih banyak orang yang abai atau belum membelinya, sebenarnya hal ini juga bukan tanpa alasan. 

Melainkan karena untuk membeli produk asuransi jiwa sendiri juga ada sejumlah uang yang harus dibayarkan alias tidak gratis. Sedangkan banyak yang merasa belum mampu secara financial. 

Namun jangan khawatir karena sebenarnya ada beberapa perusahaan asuransi yang menawarkan produk dengan harga premi relatif terjangkau seperti Allianz. Jika sudah punya asuransi maka akan mudah menikmati manfaatnya dengan pengajuan klaim asuransi Allianz tersebut.

Syarat Klaim Asuransi Untuk Cacat Tetap

Asuransi jiwa dari Allianz ini tidak hanya melindungi nasabah yang meninggal dunia saja, melainkan juga memberikan proteksi kepada nasabah jika seandainya mengalami kecelakaan sehingga menyebabkan cacat tetap. 

Sehingga dapat dijadikan sebagai alternatif terbaik untuk Anda jika sewaktu-waktu mengalami musibah tersebut, sehingga nantinya tidak perlu lagi khawatir akan masa depan, karena pihak asuransi yang akan menanggungnya.

Berbicara mengenai klaim untuk cacat tetap ini sendiri maka ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipahami saat mengajukan klaim, diantaranya adalah:

1. Menyertakan formulir pengajuan klaim untuk cacat tetap 

Keberadaan dari formulir pengajuan klaim ini sendiri terdapat di website resmi asuransi sehingga nantinya dapat Anda unduh atau download terlebih dahulu, bisa juga dengan meminta dari agen tempat pembelian asuransi untuk lebih mudahnya.

2. Formulir klaim cacat tetap

Khusus untuk formulir yang satu ini harus dibuat oleh dokter ng yang menangani, dimana dokter tersebut menyatakan bahwa pasien asuransi mengalami cacat tetap dan didukung dengan beberapa hasil pemeriksaan atau diagnosa dari dokter.

3. Identitas diri

sertakan juga fotocopy dari identitas atau data diri yang Anda miliki, pastikan semuanya sesuai dengan data yang telah didaftarkan atau terdapat dalam polis asuransi.

4. Form yang menyatakan tentang nomor rekening penerima asuransi tersebut dan benar sesuai dengan pemegang polis asuransi, serta buku rekening pemegang polis asuransi.

5. Surat keterangan yang berasal dari kepolisian jika seandainya penyebab cacat ini adalah kecelakaan.

6. Form kuasa berisi pelepasan informasi serta data medik yang sudah diisi dan ditandatangani di atas materai dari tertanggung.

Tata Cara Pengajuan Klaim

Setelah melengkapi beberapa syarat di atas, maka Anda harus tahu mengenai alur untuk mengajukan klaim asuransi Allianz jiwa untuk tertanggung yang mengalami cacat tetap tersebut, yaitu:

1. Serahkan dokumen serta form pengajuan klaim yang sudah diisi ke kantor resmi perusahaan asuransi yaitu Allianz, alamat resminya ada di Jakarta dan Anda dapat mengirimkan dokumen tersebut secara mudah melalui jasa ekspedisi atau kurir, sehingga tidak perlu datang secara langsung, karena selain memerlukan banyak biaya maka secara waktu juga kurang praktis.

2. Tunggu proses verifikasi yang dilakukan oleh pihak asuransi, dimana dalam hal ini ada kemungkinan nantinya dokumen yang diminta tersebut masih kurang, sehingga pihak asuransi akan memberitahu atau mengabari Anda untuk melengkapi kekurangan dokumen yang masih belum ada, jika sudah lengkap maka akan masuk tahapan analisa.

3. Proses analisa, dalam tahap analisa akan dilakukan pencocokan data dan melihat apakah klaim yang dimaksud tersebut layak untuk disetujui ataukah tidak, tidak ada jaminan nantinya klaim yang dilakukan tersebut sudah pasti akan approve atau diterima.

4. Jika klaim Anda diterima, maka tinggal menunggu saja sampai uang klaim dicairkan ke rekening yang dimaksud atau telah didaftarkan, namun jika seandainya klaim Anda ditolak maka pihak asuransi juga akan memberi kabar faktor atau penyebab dari penolakan tersebut.

Tidak hanya bisa mengajukan klaim asuransi Allianz jiwa untuk nasabah yang mengalami kematian saja, melainkan juga cacat tetap, karena ada berbagai faktor resiko dalam hidup yang pada dasarnya tidak dapat diprediksi, sehingga penting bagi Anda untuk senantiasa melakukan persiapan, diantaranya adalah dengan menggunakan asuransi yang tepat juga.

Jangan khawatir karena pada dasarnya Allianz sendiri menawarkan berbagai inovasi produk asuransi jiwa terbaik dengan premi relatif terjangkau, bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan masing-masing.


Posting Komentar untuk "Syarat Dan Ketentuan Klaim Asuransi Allianz Untuk Cacat Tetap"