Testimoni Prakerja, Jadikan Motivasi Untuk Meningkatkan Kompetensi



Tahun 2020 program Prakerja diluncurkan oleh Pemerintah Indonesia. Program Kartu Prakerja merupakan program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan berupa beasiswa pelatihan yang ditujukan untuk pencari kerja, buruh atau pekerja yang terkena PHK, ibu rumah tangga, mahasiswa bahkan para pelaku usaha. 

Prakerja bisa diikuti oleh WNI yang berusia 18 sampai dengan 64 tahun untuk dapat meningkatkan skill secara berkesinambungan. Prakerja telah memberikan akses kepada  lebih  dari 18,9 juta orang  penerima untuk meng-upgrade skill mereka.

Setiap peserta Prakerja memperoleh manfaat berupa beasiswa pelatihan sebesar Rp3,5 juta yang bisa dimanfaatkan untuk mengikuti berbagai pelatihan yang tersedia di ekosistem Prakerja.

Hingga saat ini, Prakerja diundang ke dalam lebih dari 20 forum internasional untuk berbagi praktik baik atas kesuksesannya dalam menjadi bagian Program Pemulihan Ekonomi Nasional akibat pandemi  COVID-19. 

Program Kartu Prakerja lahir melalui Perpres no. 36 Tahun 2020. Gelombang pertama yang dibuka 11 April 2020 mampu menyerap 168 ribu penerima. Ketika menjadi peserta Prakerja, kalian bisa mendapatkan informasi yang lengkap untuk pendaftaran program dan pelatihan. Adapun pilihan waktu dan moda pelatihan bisa meyesuaikan peserta.

Tujuan diluncurkannya Prakerja adalah meningkatkan kompetensi, produktivitas bahan mendorong kewirausahaan angkatan kerja, menjadikan program ini melahirkan lulusan yang siap menghadapi tantangan di dunia kerja.

Kesuksesan alumni Prakerja banyak dibagikan di berbagai media sosial sehingga bisa menjadi motivasi bagi kalian yang belum mendaftar di Prakerja. Dampak positif Prakerja tentu saja ada banyak sekali, antara lain:
  • Meningkatkan skill dan komptensi
  • Mampu bersaing di dunia kerja
  • Mampu membuka lapangan usaha dan mengembangkan bisnis sendiri
  • Meningkatkan rasa percaya diri.
Diharapkan manfaat program Prakerja bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia yang berada pada usia produktif. Ada banyak program pelatihan yang bisa kita ikuti sesuai dengan bakat dan minat.

Jika kalian ingin lebih memotivasi diri, maka cerita alumni Prakerja berikut saya harap bisa menjadikan tekat kuat untuk segera mendaftarkan diri di Prakerja.

1. Valencia

Memiliki kemampuan berbahasa Mandari bisa jadi merupakan nilai tambah bagi para pencari kerja saat ini. Hal inilah yang mendorong Valencia untuk mengikuti program Prakerja X Alibaba. Dia mengambil pelatihan Bahasa Mandarin karena kebetulan profesinya sebagai guru Bahasa Mandarin.

Lulusan gelombang 53 yang berdomisili di Medan, Sumatera Utara ini berhasil meraih skor tertinggi ketika mengikuti pelatihan Bahasa Mandarin. Karena prestasinya itu, Valencia mendapatkan kesempatan mewakili Indonesia pada acara Alibaba Conference di Hangzhou, China.


2. Asifyon Yeskiel Batuk

Memiliki bisnis sendiri merupakan jalan kesuksesan bagi Asifyon Yeskiel Batuk, lulusan Prakerja gelombang 54 yang berdomisili di Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur. Karena untuk bisa mengikuti pelatihan Prakerja cukup dilakukan online, maka Asifyon akhirnya berinisiatif mendaftar.

Tak tanggung-tanggung, Asifyon pernah mendaftar Prakerja di gelombang pertama, namun tidak lolos. Hingga akhirnya Asifyon dinyatakan lolos sebagai peserta Prakerja gelombang 54. Asifyon mengambil pelatihan Memaksimalkan Pengembangan Bisnis bagi Spesialis Pengembangan Bisnis.

Mengapa Asifyon mengambil pelatihan tersebut, karena dirinya sedang mengembangkan bisnis penjualan tiket yang sedang dirintis. Berbekal skill dan pengetahuan yang dari kelas Prakerja, akhirnya Asifyon bisa melakukan transformasi bisnis yang dikelola.

Bisnis penjualan tiket yang dikelola Asifyon saat ini sudah bisa menjangkau pelanggan lebih luas lagi karena sudah bertransformasi menjadi penjualan tiket online.

Dari kisah Asifyon, ada hikmah yang bisa dipetik yaitu keuletan dan pantang menyerah bisa mengantarkan seseorang menuju gerbang kesuksesan. Terbukti meskipun baru berhasil lolos program Prakerja di gelombang 54, namun Asifyon tidak menyerah untuk belajar demi mengembangkan bisnisnya.

Penutup

Prakerja merupakan program pemerintah Indonesia yang diperuntukkan oleh warga negaranya. Oleh karena itu kita harus memanfaatkan fasilitas yang diberikan pemerintah dalam upaya meng-upgrade skill agar membuka peluang di dunia kerja.

Tak hanya itu, Prakerja tidak hanya dikhususkan untuk para pencari kerja. Kalian yang usianya masih masuk kriteria, meskipun masih berkuliah atau menjadi ibu rumah tangga, bisa juga memanfaatkan kelas Prakerja untuk meningkatkan kompetensi.

Sebab kita tidak akan pernah tahu peluang datang dari arah mana.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Testimoni Prakerja, Jadikan Motivasi Untuk Meningkatkan Kompetensi"